Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 18 September 2015

Indahnya Pantai Indrayanti Yogyakarta




Masyarakat Jogyakarta (DIY), mungkin tidak ada yang tidak mengenal nama Pantai Indrayanti, pantai dengan pohon-pohon hijau menghiasi sisi tepi pantai, berpasir putih, air laut yang biru dihiasi terumbu karang sangat indah yang saat ini ramai dibicarakan. Hari demi hari makin banyak mengundang wisatawan untuk berkunjung karena keindahannya. Pantai ini diistilahkan pantai kute Jogja hehe. Bagi yang berwisata ke Jogja jangan lupa mampir ke pantai ini dijamin gak bakal nyesal/kecewa deh dari keindahan dan pemandangannya. Pemberian nama Pantai Indarayanti Gunungkidul ini diambil dari nama pemilik sebuah restoran yang ada di kawasan tersebut. Hal ini berawal dari papan nama “Indrayanti” yang terpampang di depan restoran sehingga kemudian orang lebih mengenal pantai tersebut sebagai Pantai Indrayanti. Pemberian nama ini sempat mengundang kontroversi karena pemerintah Kabupaten Gunung Kidul telah memberi nama pantai tersebut, yaitu Pantai Pulang Syawal. Tetapi, nama Indrayanti terlanjur famiar di telinga masyarakat lokal maupun wisatawan. Pada akhirnya, pantai di Yogyakarta yang terkenal paling bersih ini lebih populer dengan sebutan Pantai Indrayanti. Peran aktif pihak swasta yang turut ambil bagian dalam pengelolaan Pantai Indrayanti Gunungkidul cukup membawa dampak positif. Hal ini dapat terlihat dari keseluruhan kawasan pantai yang terja kebersihannya, bahkan hingga sepanjang garis pantai bebas dari sampah.



Hal ini bukan tanpa sebab. Pihak pengelola pantai tak segan-segan menjatuhkan denda atau hukuman pada para pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Inilah salah satu alasan di balik kebersihan Pantai Indarayanti Yogyakarta tersebut.

Lokasi Pantai Indrayanti


Lokasi pantai indrayanti terletak di Wonosari tepatnya. Wonosari ke Mulo, pertigaan Mulo ini masih lurus sampai kearah Pantai Baron, ± 1Km sebelum Pantai Baron ada pertigaan lagi pilih arah kekiri, yang ada diplang bertulis Pantai Drini, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Sepanjang, Pantai Sundak. Pantai Indrayanti lalu terus menuju Desa Tepus dan pertigaan Nangun kekanan arah Pantai Siung. nah sebelah pantai Siungtersebut terdapat Pantai Indrayanti

Keunikan & keistimewaan Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti masih tergolong pantai baru di Gunung Kidul, namun sudah dikelola dengan sangat baik, terbukti dengan tata letak cafe dan resto yang diatur sedmikian rupa sehingga menambah keindahan pantai ini di mata para pengunjung. Fasilitas yang cukup komplit, dari toilet, tempat parkir, penginapan, hingga gasebo-gasebo nyaman yang menghadap ke laut juga menambah daya tarik pantai ini. Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih terhampar di sepanjang garis pesisir pantai yang pendek yaitu sekitar 250 m, jadi untuk menyusuri pantai ini dari pojok sebelah barat sampai pojok sebelah timur tidak membutuhkan waktu yang lama. Di sebelah barat dari pintu masuk pantai ini terdapat gunung batu karang yang cukup besar dan sangat menawan dan dibalik pegunungan tersebut terdapat pantai yang berpasir putih bersih terhampar indah dan menakjubkan.

Salah satu poin penting dari keindahan Pantai Indrayanti ini adalah kebersihannya yang selalu terjaga. Pengelola menetapkan aturan bahwa siapapun yang kedapatan membuang sampah sembarangan di pantai ini akan dikenakan denda 10 ribu rupiah. Aturan ini ternyata direspon baik oleh para wisatawan sehingga pantai ini nampak lebih terjaga kebersihannya

Penginapan atau Hotel di Pantai Indrayanti


Penginapan murah dekat Pantai Indrayanti memang menjadi tempat yang dicari para wisatawan yang ingin bermalam di sekitar area pantai ini. Penginapan ini sebagian besar berkonsep back to nature. Jadi disini kita bisa bermalam dan menyatu dialam dengan tidur di sebuah rumah panggung atau sebuah gubug yang mirip honai (rumah adat papua).

 Berikut daftar Penginapan-hotel yang dekat Pantai Indrayanti :

    Unit di Walet GH, Reservasi : 0878 3860 1129 atau 0821 3806 5501

    Omah Suket, Reservasi : 0821-352-55558 atau 0817-279-545.

    Joglo Watu Kelir, Reservasi : 0819 0404 4481 atau 0823 2737 7377.

    Griya Kusuma Bamboo Lengkung, reservasi : 0813 2637 1994 atau 0813 9281 4301

    Rock Garden Homestay & Resto, Reservasi : 082 225 317 339

Tiket Masuk Pantai Indrayanti 2015

Harga tiket menghitung perorangan untuk 1 tiket masuk 10.000 /org tarif parkir motor 4.000 dan untuk mobil ± 15.000


Sumber : yuiword.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar