Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 26 September 2015

Indahnya Kawah Putih yang Menghipnotis Setiap Insan

Kali ini wisatayahudindonesia akan mengulas mengenai tempat wisata Kawah Putih.Kawah Putih adalah tempat wisata di Bandung yang paling terkenal. Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca.

Kawah putih merupakan sebuah objek wisata yang mempunyai keindahan alam yang sangat mempesona dan tidak mudah untuk di temukan di daerah lain. Keindahan dan pesona alam yang dimiliki Kawah Putih Bandung mampu menarik para wisatawan yang berasal dari luar Bandung sampai touris mancanegara. Rombongan wisata yang datang untuk berlibur ke tempat wisata ciwidey bandung banyak yang memilih untuk menggunakan jasa travel, hal ini dapat menghemat waktu dan tidak perlu pusing-pusing dengan petunjuk transportasi untuk menuju lokasi kawah putih ciwidey.

Sejarah Mengenai Kawah Putih

Cerita mengenai Kawah Putih bermula pada abad ke 19 dimana terjadi sebuah letusan hebat oleh Gunung Patuha. Setelah letusan ini, banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawsan tersebut akan mati.

Seiring dengan berjalannya eaktu, kepercayaan mengenai angkernya tempat  ini mulai pudar. Sampai akhirnya pada tahun 1837 ada ahli botani dengan kebangsaan Jerman datang

Ke kawasan ini untuk melakukan penilitian. Peneliti yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tersebaut bsangat tertarik dengan kawasan pegunungan sunyi yang bahkan tidak ada burung yang ter bang di atasnya sehingga ia berkeliling desa untuk mencari informasi. Pada saat itu, seluruh informasi yang ia dapatkan bahwa kawasn tersebut angker dan di huni oleh makhluk halus.

Bagi Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pernyataan masyarakat setempat tersebut tidaklah masuk akal. Karena tidak percaya dengan cerita-cerita tersebut, ia pergi ke dalam hutan rimba untuk mencari tahu apa yang ada disana. Singkat cerita, akhirnya Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak gunung, dan dari sana ia melihat keberadaan sebuah danau indah berwarna putih dengan bau belerang yang menyengat.

Sejak itu, keberadaan Kawah Putih Cidiwey terkenal dan mulai dari tahun 1987 pemerintah mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang menawarkan pengalaman unik melihat danau yang dapat berubah warna.

Lokasi

Kawah putih di bandung berlokasi di Jl. Raya Soreang Ciwidey 25 km dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Lebih lengkapnya di Jalan Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia.

Akses dan Rute Menuju Kawah Putih

Akses untuk menuju tempat wisata kawah putih Bandung ini terbilang sangat mudah, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum ataupun menggunakan kendaraan milik sendiri roda dua dan empat.
Berikut ini adalah petunjuk lengkap rute Jalan untuk menuju ke Objek wisata Kawah Putih Bandung melwati gerbang Tol Buah Batu Bandung. (1.) Ke arah selatan di Jalan Terusan Buah Batu menuju Jalan Adiyaksa Raya 400 m (2.) Terus ke Jalan Raya Bojongsoang 2,9 km (3.) Belok kiri menuju Jalan Raya Dayeuhkolot 700 m (4. )Belok sedikit ke kanan menuju Jalan Raya Banjaran 1,1 km (5.) Terus ke Jalan Banjaran Raya 3,6 km (6.) Belok kanan menuju Jalan Bojong Waru - Bojong Malaka 150 m (7.) Belok kiri menuju Jalan Bojong Pulus - Sukasari 1,4 km (8.) Terus ke Jalan Kampung Rancaenggang 400 m (9.) Terus ke Jalan Kampung Kalapatilu 650 m (10.) Belok kiri menuju Jalan Rancatungku 1,1 km (11.) Belok kanan menuju Jalan Sukamaju 400 m (12) Belok kiri menuju Jalan Gandasoli 2,0 km (13.) Belok kiri menuju Jalan Gandasoli 350 m (14.) Belok kanan untuk tetap di Jalan Gandasoli 250 m (15.) Belok kanan menuju Jalan Gandasari 800 m (16.) Belok sedikit ke kiri menuju Jalan Raya Soreang 3,2 km (17.) Belok kanan menuju Jalan Raya Soreang - Ciwidey 3,2 km (18.) Terus ke Jalan Raya Ciwidey 9,8 km (19.) Belok sedikit ke kiri menuju Jalan Ciwidey - Rancabali 4,2 km (20.) Terus ke Jalan Ciwidey - Babakan Jampang 1,0 km (21.) Terus ke Jalan Babakan Jampang - Cibuni 4,7 km (22.) Belok kiri menuju Jalan Kawah Putih 190 m (23.) Belok sedikit ke kanan untuk tetap di Jalan Kawah Putih 5,3 km

Fasilitas

Karena telah dikembangkan sebagai kawasan wisata, Kawah Putih mempunyai fasilitas penunjang kenyamanan berwisata yang memadai, yaitu;

-Area parkir yang luas

-Mushola

-Transportasi dari gerbang depan sampai dengan depan kawah

-Pusat informasi

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Harga tiket masuk Kawah Putih pada hari biasa dan hari libur serta akhir pekan adalah sama yaitu 15.000 rupiah per orang, sedangkan untuk tarif kendaraan adalah sebagai  berikut:

-Parkir atas (mobil); 150.000 rupiah

-Parkir atas(motor): 35.0000 rupiah

-Ontang-anting: 13.000 rupiah

-Parkir bawah (mobil): 6.000 rupiah

-Parkir bawah (mator): 5.000 rupiah

-Parkir bawah (bus): 25.000 rupiah

Yang dimaksud dengan  parkir atas adalah membawa kendaraan Anda sampai dengn lokasi kawah, bus tidak dapat parkir dia atas. Maksud dari parkir bawah adalah memarkir kendaraan Anda di gerbang masuk kemudian Anda dapat naik ontang-anting untuk menuju kawah. Ontang-anting merupakan mini bus yang telah dimodivikasi menjadi terbuka dan dilengkapi denagn pengaman.

Jam Buka Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Tips wisata Kawah Putih Ciwidey

Agar perjalanan wisata Anda ke Kawah Putih lebih nyaman, simak tips-tips berikut ini:
-Suhu udar yang dingin bukan berati Anda aman dari senagtan matahari,gunakan sunblock sebelum beraktifitas di Kawah Putih
-Gunakan masker agar tidak terlalu lama mengirup belerang
-Jangan terlalu lama berad di kawah karena dapat membuat pernafasan Anda terganggu, Anda dapat naik sebentar ke atas dan kemudian kembali lagi ke bawah jika masih ingin melihat pemandangan Kawah Putih.