Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 30 September 2015

Pesona Telaga Warna yang Memanjakan Mata






Deskripsi Telaga Warna Bogor
Telaga Warna Puncak Bogor adalah sebuah objek taman wisata alam yang lokasi nya terletak di kawasan Pass Cisarua Bogor. Taman wisata yang berada kawasan Cagar Alam yang dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam ini merupakan salah satu primadona objek wisata yang terkenal karena pesona keindahan alamnya. Hamparan kebun teh yang membentang luas serta udaranya yang sejuk karena berada di ketinggian 1400 Mdpl menawarkan sensasi perjalanan wisata yang tenang dan menyenangkan. Sehingga sangat cocok dan tepat untuk dijadikan salah satu alternative tempat wisata bagi Anda yang ingin sejenak melupakan kesibukan kerja selama seminggu ke belakang. Luas keseluruhan Taman wisata Telaga Warna sendiri adalah 5 hektar, sedangkan luas telaganya adalah 1.5 hektar.

Salah satu keunikan danau Telaga Warna yang mampu mengundang banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri adalah airnya yang dapat berubah-ubah warna. Bebearpa hasil penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa terdapat tujuh warna air Telaga Warna. Pantulan dari berbagai warna pepohonan di sekitar danau menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan warna tersebut.

Beraneka jenis pepohonan terlihat begitu rindang dan tumbuh sumbur mengelilingi area kawasan taman wisata ini. Beberapa tanaman yang paling banyak dijumpai diantaranya adalah jenis pohon Puspa serta Saninten. Selain itu, kita juga bisa menjumpai beraneka jenis satwa liar yang hidup di kawasan taman wisata tersebut, seperti Kera Abu-Abu, Surili serta Lutung. Terdapat pula beberapa jenis burung, seperti Tekukur, Puyuh, Kadanca, serta Walet.



Lokasi Telaga Warna

Telaga Warna Puncak Bogor terletak di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Bogor.

Jalan Menuju Telaga Warna


Jalan menuju wisata Telaga Warna sangat mudah diakses baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bila kita berangkat dari arah Bogor, maka patokannya adalah masjid Atta’awun. Setelah melewati masjid di sebelah kiri jalan ada sebuah jalan kecil yang dilapisi paving block yang merupakan jalan masuk ke area wiata Telaga Warna. Sedangkan bila kita dari arah Cianjur maka patokannya adalah restoran Rindu Alam.
Sejarah Seputar  Telaga Warna

Dahulu Telaga Warna adalah patilasan atau peninggalan Kerajaan Kutatanggeuhan yang dipimpin oleh seorang raja yang bernama Prabu Suarnalaya dengan permaisurinya bernama Purbamanah. Setelah sekian lama menikah, sang raja tak kunjung dikarunia seorang anak. Maka beliau memutuskan untuk bertapa, memohon kepada Tuhan agar segera diberi keturunan.

Setelah sekian waktu bertapa, akhirnya sang raja mendapat wangsit yang isinya berupa saran agar ia mengangkat seorang anak. Dan ternyata setelah beberapa bulan kemudian sang Permaisuri pun hamil dan melahirkan dengan selamat dan sehat.

Suatu hari setelah sang puteri dewasa, Sang raja mengadakan pesta dan memberikan hadiah kepada puteri semata wayangnya tersebut sebuah kalung. Namun sang puteri tidak mau menerima hadiah kalung tersebut hingga akhirnya sang permaisuri pun menangis dan tiba-tiba bagian pendopo kerajaan mengeluarkan air yang deras yang semakin lama semakin membesar, hingga akhirnya keraton Kerajaan Kutatanggeuhan tenggelam.


Aktifitas Wisata yang dapat Dinikmati

Selain dapat menikmati suasana alam yang indah dan sejuk sembari berjalan mengitari danau Telaga Warna, kita juga dapat menikmati beberapa aktivitas wisata yang di antaranya:

    Menikmati Wahana Air. Kita juga dapat melakukan beberapa kegiatan berwisata air diantaranya, yaitu berkeliling di atas danau dengan menggunakan sebuah rakit kecil atau sepeda air.
    Flying Fox. Di Telaga Warna Puncak Pass Cisarua, kita bisa bermain Flying Fox dengan tarif Rp.50.000,- sekali melintas di atas danau. Anda akan melintasi telaga hijau sejauh hampir 100 meter.
    Selfie di Kebun Teh. Anda juga bisa naik ke kebun teh untuk menikmati pemandangan Puncak Pass di antara kebun teh.
    Trekking. Pihak pengelola Taman Wisata Alam Telaga Warna, juga telah menyediakan beberapa fasilitas wisata lainnya yang dapat kita nikmati. Diantaranya, yakni sebuah track untuk melintasi alam di sekitar danau Telaga Warna.
    Melihat Satwa Burung. Di taman wisata Telaga Warna terdapat serta sebuah menara pengintai yang tingginya mencapai 13,5 meter yang dapat kita gunakan untuk melihat berbagai jenis burung yang hidup pada kawasan wisata tersebut.

Fasilitas di Telaga Warna 
Hotel atau Penginapan 
Terdapat beberapa hotel di dekat taman wisata Telaga Warna yang terletak di pinggir jalan menuju Cisarua seperti Puncak Resort, Grafika Mas Prioritas Hotel, Cibulan Hotel, Bukit Indah Villa dan masih banyak lainnya.\

Rumah Makan 
Satu rumah makan yang paling terkenal di dekat kawasan Telaga Warna adalah restoran Rindu Alam yang terdapat di tepi jalan raya Puncak dekat pintu masuk ke area wisata. Selain dapat menikmati sajian kuliner khas Sunda, kita juga dapat sembari menikmati keindahan alam karena terletak di puncak pass.
Toilet Umum 
Tempat wisata Telaga Warna ini sudah dikelola oleh pemerintah daerah dengan baik, fasilitas umum seperti toilet dapat kita jumpai di beberapa titik di seputar danau Telaga Warna.
Tempat Ibadah 
Selain itu, terdapat mushola kecil yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk menjalankan shalat Dhuzur atau Ashar.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Taman Wisata Telaga Warna puncak Bogor dibuka setiap hari bagi para wisatawan mulai dari jam 08.00 wib dan tutup pada jam 17.00 wib. Sedangkan harga tiket masuk adalah sebesar Rp 7.500,- untuk setiap pengunjung.

Tips Berwisata di Telaga Warna Puncak
  1. Jika Anda berniat untuk berenang, sebaiknya urungkan saja karena di sana kita dilarang untuk berenang di danau.
  2. Restoran Rindu Alam selalu ramai pengunjung terutama di akhir pekan, jadi jika Anda ingin mampir di restoran ini, sebaiknya pesan tempat dulu agar tidak kehabisan tempat duduk.
  3. Berhati-hatilah dengan barang bawaan Anda karena masih banyak monyet liar yang hidup bebas di sekitar danau dan terkadang jahil dengan mencuri barang bawaan pengunjung.
  4. Untuk bisa melihat pemandangan danau dengan view yang lebih indah sebaiknya kita mendaki bukit yang berada di sebelah danau. Dari atas bukit tersebut, kita bisa melihat secara jelas Telaga Warna dan juga Telaga Pengilon yang berwarna kecoklatan yang berada di sebelah Danau Telaga Warna.
  5. Waktu terbaik untuk mengunjungi Telaga Warna adalah pada bulan-bulan pasca musim hujan. Karena jika kita berkunjung pada akhir musim kemarau, air danau mengalami surut sehingga kurang indah untuk dilihat.
  6. Sangat dianjurkan untuk membawa pakaian hangat karena cuaca di puncak terlebih di daerah danau yang masih banyak pepohonan bisa menjadi sangat dingin. Bahkan pada waktu-waktu tertentu bisa berkabut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar