Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 26 September 2015

Pesona Madakaripura yang Mengagumkan




Sahabat tim wisatayahudindonesia berbicara tentang keindahan Air Terjun Madakaripura memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak wisatawan yang sudah membuktikannya sendiri dengan berkunjung langsung ke tempat wisata tersebut.

Satu hal yang membuat wisatawan terpesona dengan air terjun Madakaripura adalah ciri khasnya yang meluncur dari ketinggian 200 meter. Tidak hanya itu, di lokasi ini terdapat beberapa air terjun lain yang tidak kalah menarik. Tapi memang yang dari ketinggian 200 meter itu yang paling tinggi.

Air terjun utama di Madakaripura ini jatuhnya terpencar membentuk tirai atau titik-titik hujan di teras rumah. Bermain di bawah tirai air terjun ini tentu akan sangat menyenangkan serasa seperti masih anak-anak bermain hujan.

Pemandangan sangat menarik akan anda temui di air terjun utama. Tebing yang membentuk tirai air terjun itu berbentuk setengah lingkaran setinggi 200 meter. Bisa dibayangkan, anda seperti berada dalam tabung raksasa.


Di bawah air terjun itu ada kolam sedalam 7 meter dengan luas sekitar 25 meter persegi. Dan dibalik air terjun itu terdapat gua. Kalau cukup nyali anda, boleh saja mencoba berenang menyeberangi kolam sedalam 7 meter seluas 25 meter persegi dengan arus air yang deras itu. Perlu diperhatikan, karena tebing yang tingginya mencapai 200 meter, pada saat-saat tertentu akan ditutup untuk wisata dengan alasan keamanan, takut longsor.

Dari lokasi parkir kendaraan, air terjun utama tidaklah terlalu jauh. Hanya berjalan kaki sekitar 15 menit dengan medan yang sudah disiapkan. Tidak terlalu sulit untuk menapaki anak tangga karena sudah disiapkan jalan setapak dari semen dengan ornament batu agar tidak licin.

Sejarah Air Terjun Madakaripura


Air Terjun Madakaripura sangat berbau mistis, Tempat ini merupakan tempat ritual untuk Agama Hindu saat masa kejayaan kerajaan Majapahit. Asal Usul / Cerita Legenda Air Terjun Madakaripura ada kaitannya dengan kerajaan Majapahit. Dahulu kala ada seorang patih Majapahit yang bernama Gajah Mada yang terkenal dengan sumpahnya yaitu "Sumpah Palapa" pada masa pimpinan Raja Hayam Wuruk yang terkenal dengan gagah dan bisa mempersatukan Nusantara dengan beragam pulau. Gajah Mada meminta ijin kepada Raja Hayam Wuruk untuk meninggalkan gelar mahapatihnya dan mempunyai tujuan untuk bersemedi guna menikmati masa tua dan meninggalkan hal-hal duniawi yang menurutnya hanya kenikmatan sesaat. Dengan rasa hormat Raja Hayam Wuruk mengijinkan permintaan mahapatih tersebut. Mulailah mahapatih bersemedi di suatu tempat yang indah memiliki aliran sungai dan terdapat air terjunnya ya itu Madakaripura. Madakaripura sendiri merupakan nama yang berasal dari bahasa Jawa pemberian mahapatih Gajah Mada yang berarti Mada Kari Pura "Tempat Tinggal Terakhir". Masyarakat sekitar sangat tentram dan harmonis karena kebaikan mahapatih Gajah Mada membebaskan pajak untuk wilayah tersebut. Sampai sekarang jika anda berkunjung ke Wisata Air Terjun Madakaripura anda akan di temui patung mahapatih Gajah Mada yang gagah sebagai ucapan selamat datang.

Lokasi

Lokasi Air Terjun Madakaripura menuju arah Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Propinsi Jawa Timur. Kota besar terdekat dengan kawasan ini adalah Surabaya dan Malang. Perjalanan dari Surabaya sekitar 3 jam menuju kawasan Bromo lalu dilanjutkan ke Air Terjun Madakaripura.

Aksesibilitas

Berjarak sekitar 5 km dari lintas jalan raya menuju Bromo atau sekitar 45 menit waktu tempuh dari lokasi wisata Gunung Bromo ke arah Probolinggo (ke Utara).  Jika dari pusat kota kabupaten Probolinggo sekitar 30 km. Lokasi air terjun ini bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau mobil sewaan (dari Probolinggo menyewa Panther Rp 150.000,- pp + supir, 12/2003) dengan kondisi jalan berkelok kelok dan sudah beraspal muluis akan tetapi sedikit sempit.

Jika perjalanan datang dari arah Probolinggo maka sesampai di Desa Sukapura akan ditemui pertigaan yang ditandai dengan plang besar.  Jika ke ke kiri ke arah Gunuing Bromo dan yang ke kanan ke arah lokasi Air Terjun Madakaripura.  Jarak dari pertigaan ini masih sekitar 4 km hingga tiba di pintu masuk lokasi air terjun. Sebelumnya masih ditemui pertigaan lagi sebelum tiba di pintu masuk dan ambil belokan ke kanan.

Sesampainya di pintu gerbang dan masuk ke area parkir perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki kurang lebih 1 km melewati jalan setapak yang sebagian sudah cor sebagian tidak karena hilang terbawa longsor, dan menyeberangi sungai.  Untuk menuju kesana sebaiknya menggunakan jasa pemandu, hal ini dikarenakan jalan menuju kesana cukup berat medannya.  Di tambah lagi di lokasi ini sering terjadi banjir dan longsor.  Para pemandu ini, umumnya penduduk lokal, banyak ditemui di area sekitar parkiran dan mereka biasanya langsung menawarkan diri,  Ongkos pemandu sekitar Rp 50000 sekali jalan.

Mendekati lokasi air terjun akan ditemui beberapa warung penjual makanan dan minuman serta penyewaan payung.  Bagi yang tidak ingin berbasah basahan akibat terkena siraman guyuran air terjun dapat menyewa payung ini.

Hal Menarik Air Terjun Madakaripura


Menurut kitab Negarakertagama, kawasan Madakaripura adalah pemberian Raja Hayam Wuruk kepada Gadjah Mada. Saat Anda memasuki lokasi air terjun, terlihatlah patung mahapatih legendaris dari Kerajaan Majapahit tersebut.

Kearifan lokal di sana menyebutkan bahwa Gadjah Mada menjadikan Air Terjun Madakaripura sebagai tempat meditasi terakhirnya. Menurut keyakinan Jawa kuno, di sinilah Gadjah Mada mencapai moksa, yaitu menghilang dari muka bumi secara fisik dan spiritual. Tidak heran bila masih banyak orang datang ke lokasi air terjun ini untuk bermeditasi atau bertirakat, khususnya pada malam tangga 1 Syuro atau malam tahun baru penanggalan Jawa.

Sejauh mata memandang horizon di sana, Air Terjun Madakaripura laksana tersimpan dalam tabung kokoh berketinggian 200 meter. Suasana alami dan sejuk ditambah lumut-lumut basah yang tumbuh di dinding lembab membawa sebuah kesan mistis, terutama bagi mereka yang mengetahui latar belakang air terjun ini.

Menyaksikan keindahan panorama serta mengabadikan momen dengan kamera adalah cara terbaik untuk menikmati pesona Air Terjun Madakaripura. Air terjun yang terus-menerus mengalirkan curah air bepadu indah dengan lumut berkilauan akibat terkena sinar matahari. Tatkala Anda menengadahkan kepala ke arah langit, Anda dapat meresapi pesona indah yang dimilikinya.

Bermain-main air di tempat curahan air terjun ini adalah kegiatan lain yang populer dilakukan para penikmat perjalanan di kawasan wisata Air Terjun Madakaripura. Anda dapat merasakan sejuk dan dinginnya air yang sungguh menyegarkan.

Fasilitas

Di sekitar lokasi Air Terjun Madakaripura sudah terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Sehingga Anda tidak perlu takut kelaparan karena udara dingin di lokasi ini. Anda bisa menikmati makanan dan minuman yang tersedia di warung-warung di sekitar Air Terjun Madakaripura.

Selain itu, terdapat juga penyewaan payung dan plastik untuk menyimpan berbagai barang bawaan Anda. Hal ini karena air terjun yang begitu deras di sepanjang tebing menuju Air Terjun Madakaripura sehingga bisa membuat Anda basah. Juga tersedia kamar mandi di lokasi ini.

Ikuti juga petunjuk dari pemandu wisata setempat. Khususnya danau di bawah Air Terjun Madakaripura memiliki arus yang cukup deras. Sungai-sungai di sekitarnya juga bisa meluap dan terjadi banjir bandang khususnya di musim hujan, sehingga Anda perlu lebih berhati-hati jika mengunjungi air terjun ini di musim hujan.

Meski demikian, pemerintah daerah setempat dapat lebih memperhatikan semua fasilitas dan layanan yang tersedia di kawasan wisata ini. Karena masih banyaknya fasilitas yang kurang memadai maupun layanan yang kurang baik dari para pemandu atau penjaga parkir kendaraan.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk Rp 3000 per orang.

Hotel Yang Berada di Sekitar Air Terjun Madakaripura

1. SM Bromo Hotel
Jl.Raya Ngadas Sukapura, Probolinggo 67254, Indonesia 7.4 km dari Air Terjun Madakaripura

2. Cemara Indah Hotel Hotel Bintang 1.5
Dusun Cemoro Lawang | Ds. Ngadiroso, Probolinggo 68415, Indonesia 8.9 km dari Air Terjun Madakaripura

3. Bromo Permai I Hotel Bintang 2.5
Jl. Raya Cemorolawang Ngadisari, East Java, Probolinggo, Indonesia 9.0 km dari Air Terjun Madakaripura

4. Grand Bromo Hotel Probolinggo Hotel Bintang 3.0
DesaSukapura, East Java, Probolinggo 67254, Indonesia 20.1 km dari Air Terjun Madakaripura

Demikian artikel dari tim wisatayahudindonesia. Semoga bermanfaat.



2 komentar: