Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 29 September 2015

Destinasi Wisata Andalan Jawa Timur WBL





Pada kali ini tim wisatayahudindonesia akan membahas salah satu destinasi menarik andalan Jawa Timur yaitu Wisata Bahari Lamongan  atau yang sering disingkat WBL dulu sering disebut sebagai Jatim Park 2. Daya tarik wisatanya juga sebagus dengan apa yang pernah Anda temukan di Jatim Park 1 di kota Malang. Namun, kini Wisata Bahari Lamongan lebih terkenal dengan sebutan WBL.

Destinasi Wisata Bahari Lamongan (WBL) terletak di pesisir utara Pantai Jawa, tepatnya di Paciran yang masuk wilayah administratif Kabupaten Lamongan di Propinsi Jawa Timur. Lokasi WBL ini tepat berada di jalur pantura Surabaya – Tuban.



Destinasi wisata WBL ini berdiri sejak 14 November 2004 dan merupakan sebuah hasil dari pengembangan objek wisata yang telah eksis sebelumnya, yakni Pantai Tanjung Kodok.

Dengan memadukan konsep wisata bahari dan dunia wisata, Wisata Bahari Lamongan memiliki luas areal sebesar 11 hektar. Di tempat ini Anda akan disuguhkan dengan konsep layanan satu atap (one stop service). Wisata Bahari Lamongan mulai jam 08.30 – 16.30 WIB setiap harinya.

Wisata Bahari Lamongan dikelola oleh PT Bumi Lamongan Sejati, yakni sebuah perusahaan yang terhimpun dari Pemkab Lamongan dan PT Bunga Wangsa Sejati. Objek wisata ini juga terhubung secara integratif dengan destinasi wisata andalan lainnya di Jawa Timur, seperti Maharani Zoo & Goa Maharani serta Tanjung Kodok Resort.

Hamparan pasir yang luas serta rimbunnya pepohonan memberikan suasana berlibur yang tepat dan disukai banyak keluarga. Kawasan WBL sejatinya adalah hasil dari perpaduan aspek alam (nature), bangunan (architercture), dan budaya (culture) dimana mampu menghadirkan nuasa global dengan mempertahankan ciri khas lokal. Ikon dari Wisata Bahari Lamongan adalah sebuah patung kepiting berwarna jingga yang berukuran raksasa dengan memamerkan capit besarnya, terletak persis di pintu masuk.

Lokasi Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan terletak di Kecamatan Paciran, atau tepatnya di Jalan Raya Paciran (ex Tanjung Kodok), Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Lokasi Wisata Bahari Lamongan ini juga cukup strategis karena tepat ada di jalur Pantura Tuban – Surabaya sehingga kalau kebetulan kamu lagi melewati jalan ini, nggak ada salahnya rehat sejenak sambil menikmati berbagai wahana yang ada.

Rute Perjalanan ke Wisata Bahari Lamongan

Akses untuk menuju lokasi Wisata Bahari Lamongan dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaran. Hal ini mengingat lokasinya yang persis di pinggir jalur Pantura. Pantura adalah lintasan jalan yang menghubungkan DKI Jakarta hingga Surabaya.

Jika Anda memulai perjalanan dengan menggunakan angkutan umum dari Terminal Bus Bungurasih di Surabaya, maka Anda dapat naik bis dalam kota nomor P8. Saat tiba di terminal Bus Wilangon, Anda lanjutkan kembali perjalanan dengan menaiki bis menuju Paciran. Estimasi durasi perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar 90 menit untuk dapat tiba di lokasi Wisata Bahari Lamongan.

Spot Menarik Wisata Bahari Lamongan
1.Wahana Permainan dan Hiburan
Wisata Bahari Lamongan selalu menghadirkan 3 wahana baru tiap tahunnya. Sejumlah wahana yang telah tersedia di sana misalnya Shouvenir Shop, ATV, Rumah Kucing, Istana Boneka, Arena Ketangkasan, Galeri Kapal dan Kerang, Video Game, Sarang Bajak Laut, Bioskop 3D, Goa Insectarium, Rumah Sakit (RS) Hantu, Tembak Ikan, Go Kart, TAGADA, Rottary Coaster, Taman Berburu, Istana Bawah Laut, Drop Zone, Motho cross, Planet Kaca, Crazy Car Coaster, Water Slide, Playground Remaja, Panggung Gembira, Ranger, Kolam Renang, Menara Ru’yaat, Galapagos, Paus Dangdut, Gano & Sepeda Air, Tanjung Kodok, Kolam Penyu, Jet Coaster, Dermaga Pemancingan, Bumper Car, Resto Marina, Space Shuttle, Banana Boat, Permainan Air, Texas City, Fliying Fox, Anjungan Wali Sanga, dan lain sebagainya.

2. Tanjung Kodok Beach Resort 
Jika Anda ingin menginap di kawasan Wisata Bahari Lamongan, tersedia hotel bintang tiga seperti Tanjung Kodok Beach Resort yang berkapasitas 50-60 kamar dan menyuguhkan Anda panorama indah pantai dengan pasir putihnya. Di Tanjung Kodok Beach resort, Anda bahkan dapat menginap bersama 5 hingga 15 orang per satu kamar.

3. Maharani Zoo dan Goa
Maharani Zoo dan Goa adalah bagian integral dari Wisata Bahari Lamongan dan memiliki luas area sekitar 2.500 m. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menyusurinya. Maharani Zoo dan Goa memiliki aneka stalakmit dan stalaktit yang indah, ditambah pula dengan penempatan lampu warna-warni pada setiap sudut goa sehingga memperindah suasana di dalamnya.

Maharani Zoo dan Goa juga dilengkapi dengan satwa lokal dan mancanegara. Selain itu, terdapat galeri satwa yang diawetkan serta berbagai macam patung satwa yang telah punah. Semua dihadirkan lengkap dengan dokumentasi dan informasi pendukungnya.


Fasilitas Wisata Bahari Lamongan :

    Tempat Penitipan Barang
    Tempat Istirahat
    Klinik
    Toilet Dan Kamar Ganti
    Tempat Menyusui Ibu Dan Bayi
    Rumah Kucing
    Galeri Kapal Dan Kerang
    Sarang Bajak Laut
    Goa Insektarium
    Permainan Air
    Playground Remaja
    Playground Pasir
    Kolam Renang Air Tawar
    Kolamm Renang Air Laut
    Waterboom
    Kano
    Anjungan Wali Songo
    Bioskop 3 Dimensi
    Rumah Sakit Hantu
    Rotary Coaster
    Samba Jet
    Mini Columbus
    Mini Train
    Arena Bermain
    Tembak Air
    Merry Go Round
    Mini Bumper Car
    Mini Bumper Boat
    Arena Mengemudi
    Motocross/2 Lap (max. 50 Kg)
    Tagada
    Planet Kaca
    Tembak Ikan
    Taman Berburu
    Paus Dangdut
    Jet Coaster
    Bumper Car
    Space Shuttle
    Rodeo
    Bioskop Desperado

Tersedia Cafe di Wisata Bahari Lamongan :
    Cafe Pinguin
    Cafe Gokart
    Cafe Texas
    Cafe Istana Bawah Laut
    Cafe Ketangkasan
    Kedai Bakso
    Resto Marina

Tempat Shopping di Wisata Bahari Lamongan :
    Galapagos Store
    Gift Shop
    WBL Mega Store
    Pasar Ikan dan Buah
    Souvenir Shop

Ketentuan di Kawasan Wisata Bahari Lamongan

Beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait ketentuan yang berlaku di kawasan Wisata Bahari Lamongan, di antaranya
1. Dilarang Membawa Makanan (Nasi, Mie, Lontong, Dan Sayur)
2.Anak-Anak Dengan Tinggi Badan > 85 Cm Dikenakan Tiket Penu
3.Buka Setiap Hari Mulai Pukul 08.30 sampai dengan 16.30 WIB
4.Tiket Yang Sudah Dibeli Tidak Dapat Dikembalikan
5.Tiket Tidak Dapat Di Wakilkan
6.Tiket Tidak Boleh Rusak atauTerbuka
7.Tiket Berlaku Sehari Penuh Selama Tanggal Kunjungan
8.Tiket Dipakaikan Oleh Petugas
9.Tiket Anti Air

Harga Tiket dan Jam Buka Wisata Bahari Lamongan
Harga tiket masuk Wisata Bahari Lamongan tarifnya cukup bervariasi, misalnya untuk masuk WBL pada hari Senin – Kamis adalah Rp60.000* dan menjadi Rp80.000* pada hari Jum’at, Minggu, dan hari libur. Harga tiket masuk menuju Maharani Zoo dan Goa (MZG) pada hari Senin – Kamis adalah Rp40.000* dan menjadi Rp60.000* pada hari Jum’at, Minggu, dan hari libur. Kalau mau masuk ke WBL + MZG, pada hari Senin – Kamis kamu harus bayar Rp70.000* dan pada hari Jum’at, Minggu, dan hari libur kamu harus membayar Rp100.000*. Sedangkan jam buka Wisata Bahari Lamongan dimulai pukul 08.30 – 16.30 WIB.

Hotel dan Penginapan di Sekitar Wisata Bahari Lamongan


Salah satu penginapan yang bisa dicoba adalah Penginapan Mayang Madu. Penginapan yang terletak di Desa Drajat ini mematok harga yang sangat murah untuk per malamnya. mulai dari Rp 75.000, 100.000, dan 150.000 per malam. Kemudian Penginapan Kendil Wesi tarifnya Rp 200.000 dan 250.000 per malam, penginapan ini cukup dekat komplek WBL hanya berjarak 800 meter sebelah barat WBL. Tentu, tarif tersebut sesuai dengan fasilitas kamar yang akan kita dapat.  Untuk tarif yang termurah, kita akan mendapat sebuah kamar dengan ukuran 3×4 meter dengan satu kasur di atas dipan dan satu kasur lagi di lantai. Tersedia empat kamar untuk tarif ini.

Sementara dengan tarif sedang, kita akan mendapat kamar berukuran hampir sama, dengan satu springbed yang cukup untuk dua orang dewasa. Untuk tarif ini hanya disediakan satu kamar. Sedangkan untuk yang lebar, kita akan mendapat kamar yang lebih besar dengan dua srpingbed. Disediakan dua kamar untuk tarif tertinggi di penginapan ini. Semua kamar dilengkapi dengan kipas angin. Khusus untuk kamar dengan tarif termurah, tidak disediakan kamar mandi di dalam kamar. Jadi untuk mandi dan semua kegiatan yang berhubungan dengan kamar mandi, penghuni harus berbagi bersama penghuni kamar lain dengan harga yang sama.

Sumber :  WBL Lamongan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar